Jumat, 27 Juni 2014

ONE OK ROCK

Yo Hisashiburi minna~ ^^
Gomen nee, udah lama Miko nggak update lagi di sini, lagi kelaut nih, ntah ngapain aja selama berbulan-bulan ini, hehe..

Oke, Anime udah, aktor udah, sekarang Miko mau bahas salah satu, dan sekarang masih jadi satu-satunya band rock Jepang yang Miko suka. Let’s say it together.. ONE OK ROCK!!
Ngg.. apa tuh? One Okey Rock? Seems It doesn’t have any meaning. Eits, tunggu dulu, coba simak awal berdirinya band ini untuk yang pertama kali.

Band ini didirikkan oleh seorang anak SMA yang mulanya adalah anggota klub Hip Hop bernama Yamashita Toru. Ia meminta rekannya Kohama Ryota, yang juga sesama anggota Hip Hop untuk belajar bermain bass. Selanjutnya, Toru mengajak kakak kelasnya, Onizawa Alex untuk bergabung dalam band yang rencananya akan segera ia bentuk. Selain itu, ada pula rekan mereka satu lagi bernama Yuu Koyanagi. Pada saat itu, formasinya masih seperti ini: Ryota bass, Alex lead guitar, Toru vocal n guitar, dan Yuu drum. Tapi tidak berapa lama, Yuu meninggalkan band, karena orang tuanya tidak suka ia berkarir demikian.


Di tempat yang berbeda, ada dua pemuda SMA lain yang sudah tergabung dalam dua band yang berbeda. Keduanya mengalami ketidak cocokan dengan band mereka masing-masing. Kemudian, dalam suatu kesempatan, kedua pemuda itu, Morita Takahiro dan Kanki Tomoya, bergabung dengan band milik Toru.

Nah mau tau asal mula nama One Ok Rock? Saat masih duduk di bangku SMA, mereka punya kebiasaan berlatih pada pukul 1 tepat. Dalam bahasa inggris berarti “One O’clock”. Karena di Jepang tidak ada huruf “L” maka diganti dengan “R”, menjadi “One O’crock”. Hilangkan tanda koma atas dan ganti huruf ‘c’ yang pertama dengan huruf ‘k’, menjadi “One Okrock”. Setelah itu mereka memisahkan OK dari Okrock, maka terbentuklah ONE OK ROCK. Hoho.. What do you think?


Pada tahun 2009, Alex tersandung kasus dan terpaksa harus berurusan dengan pihak kepolisian. Ia diduga melecehkan seorang pelajar berusia 21 tahun dalam keadaan mabuk di dalam kereta api. Setiap anggota band ini telah memutuskan bahwa mereka akan melanjutkan karir tanpa Alex.

Jadilah kini ONE OK ROCK dengan empat personil. Taka sebagai Vokalis, Toru gitaris, Ryota bassis, dan Tomoya sebagai drummer. Ada yang bilang, mereka justru beruntung dengan hanya berempat. Karena setelah itu, karir mereka terus melesat naik. Kalau dilihat-lihat, album mereka memang semakin membaik dari segi kualitas. Miko sendiri fans baru, jadi cuma tahu sedikit tentang albumnya yang lama. Tapi Miko sempat dengar beberapa. Bedanya, dulu, mayoritas lirik pakai bahasa Jepang, sekarang udah banyak lagu OOR yang pakai bahasa Inggris. Kemampuan Taka melafalkan bahasa Inggrisnya juga jauh membaik. Suaranya juga makin garang, makin powerfull, dan ada sedikit 'serak' yang menurutku membuat suaranya tambah sexy. Dari segi kualitas musik juga semakin menuju ke taraf yang bisa dijual sampai ke barat, ke seluruh dunia. 


Tahun 2013, mereka mulai Tour keliling Asia-Eropa. Mereka pernah datang ke Indonesia, loh! Tentunya Miko cuma bisa nikmatin dari Youtube aja. Yang paling berkesan buat Miko, Ryota sempat mencoba menyanyikan lagu “Indonesia Raya”. Toru sempat bilang “Nama saya Toru.” Dan Tomoya yang bahasa Indonesianya... gila, lancar abis! Dia bilang, “Nama saya Tomoya! Saya suka makan Bakmie!” hahaha.. Catet dah tu fans Tomoya, dia suka Bakmie! Selain itu, Taka sempat megang bendera merah putih waktu nyanyi di atas panggung. Coba cek di sini.. ^^
Nah, tahun 2014 ini, mereka sibuk tour keliling Amerika. Wow! Si kapten, Toru tuh yang paling patut buat bangga. Band yang dibentuknya waktu SMA bisa melebarkan sayapnya sampai ke Amerika gitu, mana peminatnya nggak sedikit. Ckck.. keren!
Bisa dilihat foto-fotonya pas mereka ikutan Van's Warped Tour di Los Angles 1 April kemarin
They said, "Taka is the band’s front man and when he wasn’t hyping up the already pumped up crowd, he was running around stage and calling on fans to participate. Despite being relatively unknown, his energy was unparalleled by anyone else on the bill. His mix of high pitch vocals, guttural screams, and over the top energy truly showed off the band’s potential." ^^

Buat sekedar referensi bagi kalian yang baru tau OOR dan mau tau lebih lanjut, coba dengar lagu-lagu ini, buktikan apa menurutmu band ini pantas diidolakan atau nggak. Oke? Cekidot:
-          Tempo cepet / nge-rock!
·         Riot!
·         Deeper Deeper / Nothing Helps
·         The Beginning
·         Juvenile
·         Ending Story
-          Slow
·         Pierce
·         All mine
·         Be The Light
·         Wherever You Are
·         The Same As ...
Masih banyak lagi yang lebih keren, tapi belakangan Miko lagi suka dengerin yang di atas, kebanyakan dari albumnya yang baru, Jinsei x Boku. Oya, mereka bakal liris single baru judulnya Mighty Long Fall yang bakal keluar 30 Juli ntar. Rencananya bakal dibuat soundtrack Live Action anime Rurouni Kenshin yang kedua, setelah lagunya The Beginning juga pernah dijadikan soundtrack film yang pertama.

Nee, minna, Miko kira cukup sekian. hehe.. Nih, Miko kasih foto-foto mereka ya buat bonus ^^
My favorite one!!
Mau tau lebih banyak lagi?
Boleh langsung datang ke web yang Miko jadikan sumber
Yang ini cerita salah seorang yang pernah ikut nonton konser OOR di Jakarta, seru banget kayaknyaa.. ada dua part di ceritanya, baca dua-duanya ya.. Ternyata mereka berempat gokil gacuma di belakang panggung, pas konser juga. Haha.. Bikin ngiri Miko yang tinggalnya di pelosok negri, gapunya banyak uang, dan gabakal dapet ijin buat nonton yang beginian. Hiksuuu... ToT
Oke, arigatou nee minna for reading~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar